Baya_weaver_at_nest_I_IMG_5101Saat beranjak dewasa, saat masa berpasangan , manyar jantan mulai membangun sarang, terbuat dari alang-alang atau daun-daun tebu atau daun-daun lain yang panjang-panjang. Benar-benar ahli dan besenilah mereka membangun sarang yang rapi serta bercitra perlindungan yang meyakinkan. Sedang yang betina melihat saja dengan santai tapi penuh perhatian pada jantan yang bekerja sambil menaksir hasil kerja para jantan, mempertimbangkannya dan memilih.  Berbahagialah yang terpilih, namun alangkah sedihnya yang tidak terpilih, sarang yang telah 680px-bayaondisplayselesai itu dilolosi dan dibongkar sehingga semua rusak lalu segala jerih payah yang gagal itu dibuang ke tanah. Tapi syukurlah, mereka tidak putus asa. Manyar jantan yang frustasi itu mulai mencari alang-alang dan daun-daun tebu lagi dan sekali lagi dari awal mula mulai membangun sarang baru, penuh harapan, semoga kali ini berhasil dianugerahi hati berkenan sang betina.

Sanggup memilih mengandaikan suatu kemampuan untuk menimbang, untuk memegang kendali nasib, untuk berkreasi. Sebab siapa berkemampuan untuk memilih dia mengatasi nasib, ia raja yang menguasai dalil rutin belaka. Dari lain pihak, dari mana perasaan sedih dan kecewa dan kejengkelan yang lalu melolosi dan merombak sesuatu yang dinilainya gagal ? Dari mana datangnya tekad baru yang kreatif kembali, yang mengandaikan jiwa yang punya harapan, yang tidak menyerah hanyut, namun aktif menimbulkan fajar baru.

Kenangan dapat berbahaya selaku nostalgia kosong, tetapi kenangan indah dapat hadir selaku kekuatan yang tiada tara.

Adakalanya cerita manusia harus disinambungkan ke dalam perjalanan riwayat yang serba diam …. dalam keheningan yang sebenarnya bahkan serba kebak kepenuhan.

Sedikit aku dapat menangkap sasmita kupu-kupu yang memekar dan terbang hanya sebentar lagi mati. Bahasa citra kupu-kupu atau kicauan burung berwarta, bahwa segala dedikasi mereka adalah demi telur-telur.

5 Tanggapan to “Cuplik dari Burung-burung Manyar (Mangunwijaya)”

  1. dios Says:

    dan kini manyar jantan, menjadi yang terpilih tanpa harus memilih.

  2. An Says:

    Memilih untuk menerima tidak memilih juga merupakan pilihan. Sang Pemilih tidak pernah salah, saya akan selalu mendoakan agar para terpilih yang memilih menerima dipilih akan selalu bersemangat dan bergembira membangun sarang yang indah untukNya.

  3. erick crut Says:

    yang terindah menjadi sang pejantan…………karena keindahan dapat memikat lawan jenis dari berbagai mahkluk hidup,tempat yang indah pastilah banyak disukai oleh para betina ajib????

  4. sigit Says:

    aku yakin aku bisa mendapatkannya

  5. ulfiarahmi Says:

    pejantan manyar baru berkategori bertanggung jawab, liat saja sarang yang dibuatnya. Aman untuk berkembang biak bagi spesies ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s